Cara Membuat Aquascape Sendiri Yang Sederhana Dengan Mudah Dan Murah

Belajar membuat Aquascape yang sederhana dan murah


Cara Membuat Aquascape Yang Sederhana Dan Murah ||Aquascape adalah salah satu aksesoris yang sangat penting untuk anda yang menyukai ikan. Dengan aquascape anda dapat melihat ikan-ikan kesayangan anda berenag kesana-kemari diantara tanaman dan bebatuan seperti tempat habitat aslinya. Aquascape sendiri memiliki ukurannya yang sangat beragam, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Anda dapat memilikinya dengan mudah tentunya dengan cara menghubungi penjual ikan atau tukang aquarium yang terdekat dari rumah anda.
Akan tetapi agar anda bisa menghemat uang, maka anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah, selain murah anda juga dapat mengaturnya sesuai keinginan anda , namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuatnya, oleh Karena itu maulanainformasi akan memberikan tutorial cara membuat aquascape sendiri yang sederhana dan murah.

                                copyright https://pinterest.com 

Bahan-bahan untuk membuat aquascape


Sebelum anda membuat atau mendekorasinya, anda perlu mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dahulu, bahan-bahan yang harus ada dalam sebuah aquascape, yaitu  :

·         Aquarium
·         Pasir
·         Pupuk
·         Bebatuan
·         Tanaman
·         Filter
·         Diffuser Co2
·         Lampu

Proses pembuatan aquascape sederhana


Jika semua bahan-bahannya sudah terkumpul, maka anda bisa langsung memulai pembuatannya. Untuk proses yang pertama dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu aquarium yang ingin digunakan. Setelah itu barulah anda mengikuti langkah-langkah berikut. 
| Cara Membuat Aquarium Mini Penghias Kamar ||

1.       Dekorasi dasar aquarium
   
     
 copyright https://aquahobi.com


Langkah pertama silahkan anda taburkan pasir kedalam dasarnya tersebut dengan ketebelan sekitar 2 hingga 3 cm. anda boleh menggunakan berbagai jenis pasir apa saja sesuai keinginan anda, seperti pasir malang, pasir silika dan sejenis lainnya. Buatlah pasir tersebut memiliki semacam pola lekukan menjorokdibagian tengah dan agak tinggi disampingnya. Pola lekukan tersebut nantinya akan diberikan pupuk sehingga pupuknya tidak terlihat dari samping.

2.       Pemberian pupuk

Jika anda sudah menata pasir dibagian dasar aquarium tersebut, kemudian anda masukan pupuk diatas pasir tersebut. Letakkan pupuk tersebut pada bagian cekungan pasir dengan ketebelen yang sama seperti pasir tadi yaitu sekitar 2 hingga 3 cm, dan usahakan pupuknya jangan sampai terkena bagian ujung kacanya agar tidak tampak dari luar.

Pemupukan ini berfungsi untuk pemberi nutrisi bagi tanaman yang akan dimasukkan  nanti, pastikan anda menggunakan pupuk yang berkualitas bagus. Akan tetapi jika anda menggunakan tanaman yang menyerap nutrisi dari daun maka anda tidak perlu menggunakan pupuk untuk menghemat biaya.

3.       Timbun kembali dengan pasir

Setelah pupuknya selesai dimasukkan, lalu tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak tampak. Dibagian ini anda bisa mengatur bentuk pola pasir sesuai keinginan anda, seperti membuat gundukan di bagian tengah atau di bagian ujung dan lainnya. Pasir ini digunakan untuk menjadi permukaan dasar aquascape sehingga usahakan anda mengaturnya dengan sebaik mungkin agar tanpak indah.

4.       Masukan bebatuan dan aksesoris

 copyright https://akuariumhiasku.blogspot.co.id

Langkah berikutnya adalah memasukkan bebatuan  dan aksesoris lainnya seperti batang kayu. Setelah itu atur sebaik mungkin dan pastikan anda mempunyai gambaran bagaimana desain pola aquascape tersebut agar nanti anda tidak perlu lagi untuk memindahkan posisi pada langkah berikutnya.

5.       Masukan tanaman

Dibagian ini anda memasuki bagian bercocok tanam. Pertama-tama anda isi air seperempat terlebih dahulu bagian aquariumnya. Pastikan anda mengisinya secara perlahan-lahan dan menggunakan saringan atau alat khusus agar kucuran airnya tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk yang telah anda buat. Kemudian tanam satu persatu tumbuhan yang sudah anda siapkan. Ketika proses penanaman ini , anda juga harus menyemprotkan ke tanaman yang besar atau tanaman yang tidak terkena air agar daun tidak kering dan rusak.

6.       Mengisi air

Jika semua tanaman sudah anda pasang ditempatnya, kemudian isi kembali airnya hingga penuh, sama sperti sebelumnya memasukannya harus perlahan-lahan agar tidak merusak pasir dan tanaman yang sudah ditanam.
Agar air tidak terkena zat berbahaya yang berasal dari pasir dan batu yang berada dalam aquarium, anda harus membuang air yang tadi sudah diisi sekitar 70%, setelah itu anda isi kembali airnya hingga penuh kembali.  Jika airnya terlihat kusam atau keputihan, anda jangan takut Karena itu semua proses yang normal. Dalam beberapa hari airnya akan berubah jernih dengan sendirinya Karena sudah banyak mikroorganisme yang membantu membersihkannya.
Sampai dibagian ini anda jangan meletakan ikan terlebih dahulu, Karena kadar amonia dan nitrit pada air tersebut masih tinggi sehingga dapat membunuh ikan anda. Anda baru boleh memasukan ikannya ketika sudah sekitar 2 minggu.

7.       Masukan filter dan hiasan lainnya

Sekarang anda memasuki langkah terkahir, silahkan anda susun filter,diffuser Co2, dan juga lampu yang akan anda gunakan. Filter tersebut berguna untuk mensirkulasikan sekaligus menyaring air dari kotoran yang ada didalam aquarium. Sedangkan manfaat Co2 dan lampu berguna untuk membantu proses fotosintesis dari tanaman. Untuk lampu usahakan anda menyalakannya hanya selama 8 hingga 9 jam perhari, karna terlalubanyak pencahayaan akan membuat koloni alga tumbuh dengan cepat. Alga dapat membuat air menjadi keruh dan berpotensi mengganggu tanaman lainnya.

Cara merawat aquascape


      copyright https://www.wetwebmedia.com

Dibagian ini anda akan mengetahui bagaimana cara merawat aquascape. Proses perawatan ini sangat penting untuk tanaman yang ada didalamnya agar bisa tumbuh subur dan tidak mudah mati atau membusuk.
Untuk minggu pertama anda harus ganti 30% air yang ada diaquarium setiap harinya. Hal tersebut berguna untuk membuang berbagai zat berbahaya yang berasal dari bahan aquascape dan berguna untuk  menyuburkan pertumbuhan bakteri yang baik.
Sedangkan minggu keduanya anda ganti airnya 30% setiap 3 hari sekali. Dan pada minggu ketiga dan seterusnya anda cukup mengganti airnya 30% setiap seminggu sekali saja. Kalau anda ingin mengganti aksesorinya dengan yang baru anda harus mengganti airnya sebanyak 50%.

Adapun untuk ikan yang akan dimasukkan kedalam aquarium biasanya ikan yang dapat beradaptasi dengan Co2 secara baik dan ikan yang mampu memberikan efek ilusi kedalaman. Ikan tersebut cocok untuk aquascape. Berikut dibawah ini beberapa diantaranya :

·         Neon tetra
·         Rainbow
·         Angel fish
·         Guppy
·         Discus

Itulah berbagai macam cara membuat aquascape sendiri yang sederhana yang bisa anda praktekkan. Demikianlah artikel yang bisa saya berikan kepada anda, semoga artikel ini dapat anda mengerti dan anda pahami. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang jelas. SEKIAN dan TERIMAKASIH

SELAMAT MENCOBA….:D

GOOD LUCK...

1 komentar:

  1. Cantik Banget Desain dan tata letak AquaScape-nya gan, next artikel boleh gk minta request desain aquascape/dekorasi akuarium yang keren, aquarium ada 1 di rumah tapi gk di dekor. pengen liat-liat referensi gitu biar bisa buat sndiri dan gk ada samanya.... hehehe

    BalasHapus