Belajar Cara Membuat Sepatu Dengan Mudah Untuk Pemula

Proses cara membuat sepatu dengan mudah untuk para pemula


Proses Pembuatan Sepatu Dengan Mudah Untuk Para Pemula | Sepatu adalah alas kaki sekaligus salah satu barang yang sering dipakai kerja ataupun sekolah. Sepatu adalah barang yang sederhana namun tidak semua orang bisa membuat sepatu. Sebenernya semua orang bisa membuatnya asal mereka belajar dengan sungguh-sungguh dan dibarengi dengan Niat pasti mereka bisa membuatnya dengan mudah, karena dalam pembuatan sepatu orang yang ingin membuatnya harus mempunyai ketrampilan didalamnya dan mempuyai nilai seni  agar bisa membuat   desain atau pola sepatu dengan bagus.
Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat sepatu dengan mudah untuk para pemula.




Barang dan bahan yang diperlukan :


Barang

· Cetakkan sepatu dari kayu / plastik yang berbentuk kaki        
·         Mesin seset, jika bahan sepatu tebal seperti kulit tebal dan bahan imitasi lainnya
·         Palu khusus pembuatan sepatu
·         Tang jepit
·         Paku khusus untuk membuat sepatu
·         Kompor dan minyak tanah
·         Open sederhana
·         Mesin gerinda jika sepatu terbuat dari bahan kulit
· Pisau seset (Pangot)          
·         Mesin jahit

Bahan

·         Kuli atau bahan lain yang bisa dibentuk menjadi kap sepatu
· Lem Putih        
· Lem Kuning        
·         Sol sepatu
·         Benang nilon
·         Kertas pengeras
·         Bensin
·         Bontek { alas dalam untuk pasangan penempelan kap sepatu }
·         Pen khusus
#beli bahan tersebut ditoko yang khusus menjual bahan sepatu di daerah terdekat anda.

Setelah bahan-bahan terebut sudah terkumpul, muailah dengan membuat model sepatu yang sesuai dengan ukuran dan bentuk cetakan dari sepatu anda. Jika model sudah jadi maka akan dapat pola atau potongan cetakkan kertas untuk membuat pola sepatu.

Langkah-langkah cara pembuatan sepatu


1.     1.      Pertama buatlah  pola digambar dengan pen khusus dibahan yang akan dijadikan sepatu {kap              sepatu}, setelah digambar , bahan dipotong-potong mengikuti garis gambar pola sepatu tersebut.        Potongan-potongan disatukan kemudian di jahit dengan benang nilon sesuai pola yang ada                  hingga memjadi bentuk sepasang kap sepatu. Jika bahan /kulit lebih tebal maka bagian yang                akan kena jahitan harus diseset dengan mesin seset agar bagian ini menjadi rata dan tidak                    menonjol dengan bagian yang lainnya.

2.       Disetiap keliling bawah kap sepatu dilem bagian pinggirnya dengan tingginya kurang lebih 5mm        dengan lem kunig , dan bontek adalah seperti bahan kardus tebal yang digunting atau dibentuk            menyerupai sol sepatu untuk bagian dalam dan sekeliling pinggir bontek ini dilem kuning setelah        itu di paku dengan paku khusus pada catatan sepatu.

3.      Jika kap sepatu sudah selesai dilem  dan bontek juga sudah dilem dan dipaku kecetakan sepatu,          setelah itu dipasang kertas pengeras dibgian depan dan belalakang kap sepatu tujuannya agar              depan dan belakang sepatu nantinnya bisa kaku, ingat sebelum kertas pengeras dimasukkan                kedalam kap sepatu terlebih dahulu dibasahi dengan bensin agar pengeras ini bisa lembek untuk          sementara dan bisa dilem dengan lem kuning lalu ditempelkan dibagian dalam kap sepatu.                  Ditarik kebawah dan ditempelkan ke bontek tadi dengan menggunakan tang khusus, kemudian            dipalu agar bahan atua kulit dan bontek menempel dengan baik. Setelah terbentuk dan cetakan            sudah berbalut bahan atau kulit , simpanlah minimal 6 jam , agar lem dan pengeras sudah bekrja          maksimal.

4.       Setelah 6 jam, dan biarkan seperi itu kemudian lihat bagian baawah hasil cetakan tadi apakah ada        ynag menonjol dibahan atau kulit, jika ada segera ratakan dan rapihkan dengna pisau seset.

5.       Siapkan sol sepatu dan selanjutnya dilem dengan lem putih, lem puih ini juga dioleskan pada              bagian bawah kap sepatu hasil cetakan tadi, dan keadaan cetakan masih berada didalam kap                sepatu.

6.       Jika sol dan kap bawah sudah dilem kemudian bersiaplah untuk menempelkan antara kap bawah        dan sol. Sebelum ditempelkan nyalakan kompor kompor dan simpan diatasnya alat open                      sederhana. Kemudian sol diopen sebentar kulrang lebih 1 menit tergantung besar kecilnya api,            lalu jika sol sudah mulai lentur maka ambil dan tempelkan pada bagian bawah kap yang terdapat        pada cetakan sepatu. Bagian pemasangan sol adalah bagian tersulit jika masih dalam tahap                  belajar.

Mungkin hanya itulah yang bisa saya berikan kepada anda , semoga artikel singkat ini bisa anda mengerti dan memahaminya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang jelas atau salah.              Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda…..

SEMOGA BERHASIL……


Penulis blog maulana sami'ul haq
pemilik blog maulana informasi










1 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya telah berbagi gan .Jangan lupa mampir ke website di http://www.atmaluhur.ac.id saya Dantdy nim 1722500016

    BalasHapus