Belajar Cara Membuat Batu Bata Secara Manual

Tips cara mudah membuat batu bata secara manual


Cara Mudah Membuat Batu Bata Secara Manual | Banyak orang yang membuat bangunan menggunakan batu bata untuk memperkuat bangunannya, seperti rumah gedung dan jenis-jenis lainnya. Proses pembuatan batu bata dari tanah liat tidak terlalu rumit kalau anda Niat untuk membuatnya. Dari mulai penggalian tanah hingga proses pembakaran memang memerlukan waktu yang cukup lama. Berikut ini tips mudah menjelaskan mengenai proses awal pembuatan Batu bata dari tanah liat hingga siap pakai.




Bahan baku untuk pembuatan batu bata

-Tanah Liat
-Air
-Abu

Alat-alat yang diperlukan untuk membuat batu bata

-Cangkul
-Pencetak Batu Bata
-Mesin Penggiling batu bata
-Mesin Pembakar / Tungku Pembakaran
-Kayu Bakar / batu bara

Proses pembuatan batu bata

1.    Pertama-tama carilah lahan tanah merah yang berbentuk perbukitan dan memiliki tanah sangat liat, jangan terlalu banyak mengandung pasir, tanah yang bertekstur tersebut kstur akan mengurangi kekuatan dari batu bata. Juga dekat dengan sumber air sebagai bahan campuran tanah merah.

2.    Berikutnya jika sudah didapat, kemudia di bersihkan dari sisa sampah yang ada pada tanah tersebut  seperti rumput batu-batu kecil dan sebagainya.

3.    Rendam tanah liat tersebut kedalam suatu lubang yang sudah anda buat minimal 15 jam atau lebih. (tergantung tanah liat di tempat anda bersal ).

4.    Lalu buang air tersebut sampai kering, kemudian anda harus menghaluskan tanah liat  tersebut, bisa menggunakan cangkul. Karna kita menggunakan teknik manual bukan dengan  mesin.

5.    Hancurkan tanah tersebut dengan menginjak-injak tanah tersebut hingga menjadi lumpur.  Kalau dengan tanah yang cukup banyak anda bisa menggunakan tenaga hewan seperi  kerbau. Jangan sampai terlalu lembek seperti bubur karena tidak akan bisa dicetak.

6.    Lalu letakkan tanah yang sudah menjadi lumpur di atas meja cetak

7.    Kemudian bisa langsung di cetak. Jangan lupa menaruh sedikit abu dicetakan agar tidak  lengket.

8.    Bila tanah liat tersebut sudah berbentuk persegi seperti batu bata, anda sudah bisa  melakukan pengeringan.

9.    Tahap pendindingan tujuannya supaya batu bata cepat kering bisa dilakukan dengan cara  menumpukan bata yang masih berbentuk tanah tadi dengan memiringkannya.

      10.   Lalu jika sudah kering, tahap selanjutnya adalah menyusun 
              batu bata dari kilang tempat produksi ke dapur pembakaran.


      11.   tahap pembakaran batu bata ini adalah penentuan dimana anda bisa dikatakan berhasil  atau                 kurang berhasil, di karenakan pada tahap ini akan dilakukan pembakaran didapur tempat                     anda bekerja dan biasanya memakan waktu yang cukup lama,  tergantung batu bata yang                     akan anda bakar.

     Tahap-tahap pembakaran batu bata mentah

1.    Langkah selanjutnya setelah batu bata mentah yang sudah kering disusun di dapur  pembakaran yang sudah di siapkan

2.    Kemudian anda juga harus menyiapkan bahan bakarnya seperti kayu atau bisa juga dengan  sisa olahan buah kelapa sawit tangkos, harus di keringkan dulu agar mempermudah  pembakaran

3.    Setelah itu anda tinggal melakukan tahap pembakaran dengan cara memasukkan kayu  tersebut kedalam  lubang dibawah susunan batu bata tadi

4.    Kemudian anda masuk ketahap pembuatan dinding disekeliling susunan batu tersebut  tujuannya agar mempercepat suhu yang ada didalam susunan batu bata cepat naik ke atas .  jangan lupa memberi sekam ( bekas kupasan kulit padi ) bisa didapatkan dikilang padi.  Apinya jangan sampai mati atau redup , semakin hari harus tambah volumenya

5.    Tahap penutupan lubang api bertujuan agar hawa api tidak keluar dan tanda berakhirnya  proses pembakaran hal ini bisa dilakukan apabila asap yang ada pada bagian atas susunan  batu bata tadi sudah membening atau kalau anda lihat hanya ada seperti udara yang  membara-bara

6.    Kemudian masih ada proses finishing yaitu proses penyiraman bagian atas susunan batu bata  dengan sekam ( bekas sisa kulit padi ) disarankan agar menaruhnya agak tebal agar batu bata  anda masak secara sempurna

7.    Kemudian kita lanjutkan ke tahap pembukaan dinding yang sudah dipasang tadi, hal ini  dilakukan sekitar 24 jam setelah tahap nomer 6 tadi. Lamanya tahap pembakaran tergantung  banyaknya batu bata yang yang anda bakar ( misalnya 70.000 buah batu bata, anda  memerlukan waktu 7 hari 7 malam nonstop )

8.    Setelah dibakar kemudian di dinginkan, barulah batu bata siap untuk dipakai


Demikianlah proses pembuatan batu bata secara manual yang terbuat dari tanah liat. Mudah-mudahan artikel ini dapat anda pahami dan terbayang oleh kalian sepenuhnya, dan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kalian. Mungkin hanya sekian , mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang.

Selamat mencoba
GOOD LUCH…….

Penulis blog ini Maulana sami'ul haq , Pemilik blok ini Maulana Informasi



















0 komentar:

Posting Komentar