Cara Membuat Aquarium ikan hias air tawar untuk para pemula

Tips membuat aquarium ikan hias air tawar dengan mudah dan menarik


Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Air Tawar | Anda ingin mendesain ruangan aquarium agar terlihat cantik dan bagus?, mudah sekali caranya. Siapa sih yang gk kenal dengan aquarium, salah satu tempat yang sudah umum digunakan untuk memelihara ikan hias. Banyak sebagian masyarakat yang menggunakan aquarium untuk ikan hias mereka. Sebuah kotak yang sederhana yang memiliki maanfaat yang sangat luar biasa apalagi mempunyai jenis tanaman hias didalamnya.
Oleh karena itu  pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara membuat aquarium untuk ikan hias anda .membuat aquarium sangatlah mudah , taka ada  yang sulit karena semua bahan-bahannya mudah dicari disekeliling anda. Berikut penjelasan singkat mengenai langkah-langkah cara pembuatan aquarium ikan hias.




Bahan-bahan yang disiapkan


1.       Aquarium kosong

2.       Pasir hias

3.       Jenis tanaman hias aquarium

Langkah-langkah membuat aquarium


1    1.      Persiapan dasar

 

      Siapkan paasir hias, kalau bisa yang jenis silica dengan ukuran 4-5mm. kemudian tambahkan             carbon active yang berfungsi untuk menyerap zat ynag dapat merusak atau berbahaya yang                 berada dalam kandungan air pertama kali, setelah itu ratakan pasir hias tersebut kebagian bawah         aquarium, hal tersebut untuk mengantisipasi tanaman hias yang akan tumbuh bisa membawa               bakteri dari air tersebut. Manfaat carbon active dapat meminimalisir kerusakan oleh jamur.

2    2.      Pemupukan

       pupuk ini berfungsi untuk memberikan nutrisi kepada jenis tanaman hias yang akan ditanam                kelak. Pilihlah pupuk yang sudah menjadi trand atau banyak yang menggunakannya, biasanya            kualitasnya sudah terjamin. Akan tetapi pemupukan ini  dilakukan jika tanaman hias mempunyai        akar dan yang bisa menyerap nutrisi seperti tanaman anubias dan microsorum, oleh karena itu              pemupukkan ini tidak diwajibkan.


3.       Menyiapkan top layer dan hardscape

        Setelah pupuk yang tadi dimasukan, kemudian bisa dikasih pasir hias lagi atasnya. Hal tersebut           merupakan proses penimbunan, setelah itu buatlah dekorasi hardscape bisa memakai batu serta           kayu. Desain yang anda sudah susun dengan baik dan teratur. Jangan sampai membuat sempit             arena berenang ikan.

4.       Mengisi aquarium dengan air

       Mengisi aquarium dengan air adalah bagian yang sangat penting, memang mengisi air terlihat hal        yang sepele dan sederhana, akan tetapi jika anda mengisinya tidak dengan posisi dan ukuran                yang benar, akibatnya akan terjadi kekeliruan dan kerusakan yang sangat fatal, mengapa bisa              begitu? Karena jika anda salah sedikit saja seperti memasukan air secara langsung tanpa ada                tahapan, akibatnya akan merusak pasir dan pupuk tadi dan menjadi berantakan.
       Cara yang paling sering dilakukan oleh para pemeliharaan ika hias , yaitu dengan dikasih plastik        atau kertas diatas pasir hias tadi, sehingga tidak langsung mengenai pupuk dan pasir.

5.       Meletakkan jenis tanaman hias aquarium

 



       Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa anda letakkan di dalam aquarium anda. Menanamnya        ditempat yang sudah didesain tadi, dan harus setara dengan ketinggian air.
             Meletakkan tanamannya harus berhati-hati agar tidak merusak pasir dan pupuk yang berada                dibawah aquarium. Agar lebih bagus tambahkan juga perlengkapan aquarium seperti
             Diffuser CO2, outlet filter, peletakkan pencahayaan dan lainnya.
             Jika tanamannya sudah ditanam semua, barulah airnya dipenuhi dan biarkan beberapa saat, dan          setelah itu mengisinya lagi sekitar 70% lagi. Hal tersebut bermanfaat untuk membuang                        kandungan amonia dan nutrisi pupuk yang larut dalam air.

Setelah melalui semua langkah-langkah proses cara membuat aquarium, anda bisa meletakkan jenis ikan hias air tawar sesuai dengan selera hati anda dan yang pasti dapat menambah keindahan serta kecantikan ruangan aquarium.

Mungkin hanya ini yang saya bisa berikan kepada anda , semoga artikel yang singkat ini bermanfaat untuk anda semua, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang jelas.

GOOD LUCK…..


penulis blog maulana sami'ulhaq
pemilik blog maulana informasi


2 komentar: