Cara Memesan Atau Membeli Tiket Kereta Api Secara Online Untuk Para Pemula

Cara Pesan atau Beli Tiket Kereta Api Secara Online


Cara Memesan Atau Membeli Tiket Kereta Api Secara Online | Banyak sekali orang yang mengeluh ketika mereka sedang mengantri untuk membeli atau memesan tiket kereta api, karena yang mengantri banyak sekali. Apa lagi pada saat momen liburan jumlah antrian penumpang bisa dua kali lipat dari hari biasa. Akan tetepi sekarang anda bisa membeli atau memesan tiket kereta api baik yang eksekutif, bisnis maupun yang ekonomi  bisa dilakukan secara online melalui internet. Hal tersebut dapat mempermudah anda dalam memperoleh tiket kereta api tanpa harus mengantri lama. Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara membeli atau memesan tiket kereta api secara online, oleh karena  itu pada kesempatan ini saya akan memberikan cara atau langkah-langkah membeli atau memesan tiket kereta api secara online.

Cara pesan atau beli tiket kereta api secara online


1    1.       Anda bisa melihat kesitus resmi PT.KAI di https://tiket.kereta-api.co.id {tinggal anda klik},                kemudian anda tentukan :
  •         Tanggal keberangkatan
  •         Stasiun asal
  •         Stasiun tujuan
  •         Jumlah penumpang. Isi jumlah dewasa dengan penumpang dewasa da nisi jumlah infant untuk  anak yang berusia dibawah 2 tahun.

2.       Setelah itu akan muncul jadwal keberangkatan kereta api dengan disertai daftar harga tiket.                  Kemudian klik salah satu tombol booking menyesuaikan dengan kelas dan harga yang anda                inginkan :

            

3.       Lalu akan muncul konfirmasi pemesanan tiket berisi jumlah penumpang untuk memastikan anda        tidak salah dalam memasukkan jumlah penumpang. Untuk selanjutnya anda jangan lupa                      mencentang kotak kecil yang berada di sebelah kiri tulisan : “ dengan ini saya setuju dan                    mematuhi persyaratan dan ketentuan reservasi.dst “ dengan cara anda mengkliknya, kemudian          klik tombol lanjutkan.

             
              
4.       Setelah itu isi data penumpang seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini. Hal yang                    terpentig yang anda harus perhatikan adalah memasukkan alamt Email, karna alamat Email                  tersebut yang nantinya akan dikirimi pesan terkait dengan pemesanan anda. Jika anda belum                memiliki Email, anda dapat membaca : “cara singkat membuat Email” karena anda wajib                memasukkan alamat Email anda. Jika sudah diisi, kemudian klik tombol selanjutnya.

            
              
       NOTE : jika anda pergi besama dengan anak-anak anda yang belum mempunyai kartu identitas          seperti KTP, maka anda bisa menggunakan nomor NIK yang terdapat dikartu keluarga seperti              gambar contoh dibawah ini.

             
              
5.       Pada halaman berikutnya, akan ditampilkan informasi nama penumpang beserta dengan tempat          duduknya. Anda bisa mengatur tempat duduk anda dan penumpang yang akan berangkat                      bersama anda, dengan mengklik tombol pindah. Kemudian anda tinggal menentukan metode              pembayaran dengan memilih salah satu tipe pembayarannya. Ada beberapa tipe pembayaran                yang bisa anda gunakan. Seperti melalui ATM, kartu kredit, pembayaran di indomaret, dan                  perusahaan yang bekerja sama dengan PT.KAI. jika anda ingin memilih tipe pembayaran melalui        ATM maka anda harus memilih ATM, setelah itu klik melanjutkan.

6.       Kemudian anda catat kode pemesanan atau pembayaran anda seperti paada contoh gambar yang          dibawah ini. Karena hal tersebut sangat dibutuhkan ketika anda ingin melakukan pembayaran              baik di ATM maupun minimarket dan yang bekerja sama dengan PT.KAI.

             
              
       Adapun bank yang memiliki ATM yang telah memiliki menu untuk proses pembayaran                        pemesanan tiket kereta api online diantaranya adalah milik : Bank Mandiri, Bank BNI, Bank              BCA, Bank CIMB Niaga, Bank BRI, BRI syariah. Adapun mini market yang dapat menerima            pembayaran booking tiket kereta api secara online. Diantanya : Alfamart, Idomaret, Alfamidi,              Alfa expres, dan Lawson.

7.       Langkah yang terakhir anda harus print out tiket sendiri distasiun pada komputer yang sudah              disiapkan disana, dengan memasukkan kode pemesanan yang yang terdapat struktur pembayaran.        Jadi pastikan anda harus datang setengah jam dari jadwal pemberangkatan agar anda dapat                  mengantisipasi antrian print out tiket.

8.       Ketika ingin masuk ruang tunggu { peron } dan masuk kedalam kereta, anda akan diminta untuk        menunjukkan tiket dan kartu identitas anda yang telah diprint tersebut kepada petugas, bagi                penumpang anak-anak, anda tidak perlu menunjukkan kartu identitasnya.


Catatan:
  •    Jika tidak ada tombol booking { lihat langkah 2 } pada saat anda melakukan reservasi, itu karena 3 hari sebelum keberangkatan, reservasi melalui situs resmi PT.KAI sudah tidak dilayani, jadi anda harus booking maksimal 4 hari sebelum keberangkatan.
  •   Dalam satu kali pemesanan anda hanya bisa dilakukan maksimal 4 orang saja. Jadi jika anda lebih dari empat, anda harus melakukan pemesanan lebih dari satu kali. Anda juga dapat reservasi melalui call center 121 { jabodetabek } 021121 { luar jabodetabek }. Akan tetapi dikenai biaya pulsa leguler [ mahal ].


Demikian yang bisa saya jelaskan tentang bagaimana cara membeli atau memesan tiket kereta api secara online. Semoga artikel singkat ini bermaanfaat bagi anda semua, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang jelas atau salah. SELAMAT MENCOBA
GOOD LUCK….





0 komentar:

Posting Komentar