Belajar Menghemat Listrik Tips Dan Caranya

Beberapa tips dan cara menghemat listrik dengan baik


Tips Dan Cara Menghemat Listrik Dengan Baik | Hari ini saya akan memberikan tips dan cara menghemat listrik dengan baik . banyak sekali masyarakat yang sering menggunakan listrik untuk kebutuhan sehari-harinya. Dan banyak pula masyarakat  yang mengeluh dan terkejut ketika melihat surat tagihan listrik rumah bulanannya mencapai angka yang tidak semestinya.
Cara menghemat listrik memang agak sulit, apalagi bagi anda yang melakukan kegiatan sehari-harinya banyak menggunakan listrik, akan tetapi jika anda benar-benar ingin menghemat listrik pasti cara melakukannya tidak akan sulit.
Oleh karena itu saya membuat artikel ini untuk anda agar tidak mengalami tagihan listrik yang sangat mahal.berikut dibawah ini tips menghemat listrik.





Tips menghemat listrik

 
1.       Nyalakan listrik seperlunya saja, selenihnya anda matikan

2.       Hindari menyimpan makanan panas kedalam kulkas

3.       Atur dan sesuaikan suhu  AC berdasarkan luas ruangan ( jika anda menggunakannya )

4.       Jangan bisakan TV menyala ketika anda tidak tidaur, nyalakan jika anda inigin                                     menontonnya

5.       Ketika anda memsak nasi dengan rice cooker, gunakanlah air yang sudah dipanaskan                           terlebih dahulu, agar mempersingkat waktu ada memasak.

6.       Gunakanlah lampu yang hemat energy

7.       Jika anda memiliki komputer gunakanlah monitor LCD atau LED karna listriknya lebih                       hemat

8.       Buatlah penampung air jika anda menggunakan mesin pompa

9.       Ketika siang hari bisakan untuk memanfaatkan sinar matahari agar menyinari ruangan                         rumah

10.     Biasakan untuk mematikan lampu jika anda ingin tidur





Cara menghemat listrik


1.       Lepaskan charger HP bila tidak sedang digunakan , karna dapat terbuang sia-sia

2.       Jika peralatan listrik anda seperti TV, randio, charger, kulkas, komputer dan yang lainnya sedang        tidak digunakan dalam jangka lama, sebaiknya anda matikan saja,

3.       Jangan memasang steker secara bertumpuk untuk menghindari konsleting yang bisa                            menimbulkan kebakaran

4.       Jika anda masih sulit mengontrol penggunaan listrik dirumah anda. Anda dapat memilih untuk            beralih menggunakan listrik prabayar, sama seperti anda membeli pulsa HP, tagihannya                        disesuaikan oleh anda dengan membeli paket yang anda beli. Dan akan habis jika kuota telah              abis.



Mungkin tips dan caranya hanya seperti itu yang saya bisa berikan untuk anda, gunakannlah listrik sebaik mungkin meskipun anda mampu untuk membayarnya, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda. sekian dari saya mohon maaf jika ada kata-kat yang kurang atau salah.


GOOD LUCK……


penulis blog maulana sami'ulhaq
pemilik blog maulana informasi

0 komentar:

Posting Komentar